Disable Preloader
10 Makanan Khas Thailand yang Maknyus (1)

Salah satu destinasi wisata di Asean yang cukup terjangkau adalah Thailand.

Selain Singapura dan Malaysia, negara yang dijuluki sebagai Negara Gajah Putih ini juga sangat diminati oleh Masyarakat Indonesia.

Selain memiliki banyak pantai yang indah, kita akan disuguhkan pemandangan negara yang penuh dengan banyaknya pagoda.

Sangat tidak salah jika memilih Thailand sebagai destinasi liburan, karena di sini kepuasan wisata yang amat menyenangkan akan kamu dapatkan di sini.

Selain itu, dalam hal kuliner Thailand pun tidak kalah dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Banyak makanan khas Thailand yang populer dan mungkin sudah sangat familiar bagi kita.

Berikut adalah daftar makanan khas Thailand yang maknyus:


1. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice adalah hidangan penutup yang cukup populer di Thailand.

Sesuai dengan namanya hidangan ini terbuat dari beras ketan dan mangga, serta campuran dari santan, gula aren, dan garam.

Mango Sticky Rice dibuat dengan terlebih dahulu beras ketan dikukus dan kemudian dicampur bersama santan, gula aren, dan garam, selanjutnya ditambahkan irisan buah mangga.

Variasi yang digunakan dalam hidangan ini adalah ketan ungu yaitu campuran ketan putih dan ketan hitam khas Thailand atau bisa juga mengganti mangga dengan buah durian.

Cita rasanya begitu unik yaitu campuran dari gurih, manis, sedikit asam dan segar buah mangga.


2. Pad Thai

Paid Thai adalah hidangan mie nasi tumis yang biasa terkenal sebagai street food di thailand meskipun beberapa restoran besar juga menyediakan Pad Thai.

Berbahan dasar mie beras kering yang digoreng bersama telur dan tahu cincang, dengan bumbu seperti bubur asam, saus asam, udang kering, bawang putih dan merah, cabai merah, dan gula aren.

Serta biasa disajikan bersama jeruk nipis atau potongan kacang panjang.

Ada juga yang menggunakan sayuran yang berbeda maupun protein hewani yang lain.

Sekilas Pad Thai mirip dengan kwetiaw, citarasanya begitu khas ada asam, manis, dan juga asin.


3. Tom Yum


Tom Yum atau Tom Yam adalah makanan khas Thailand yang merupakan olahan sup khas Thailand yang hangat dengan citarasa asam dan pedas.

Tom Yum terkenal dengan rempah-rempahnya yang harum dan banyak digunakan dalam pembuatan kaldu serta pemakaian pasta khas yang bernama Nam prik pao.

Bahan dasar Tom yum sendiri berupa udang atau daging babi, keduanya memiliki perbedaan sewaktu mengolahnya.

Apabila memakai udang maka dimasukkan ke dalam sup setelah mendidih, apabila memakai daging babi maka dimasukkan ke dalam sup sebelum mendidih.

Selain itu ada pula variasi lain seperti Tom yam kai yang menggunakan ayam, Tom yum nam khon dengan santan, dan sebagainya.


4. Kaeng Khiao Wan

Kaeng Khiao Wan berarti kari hijau, merupakan sebuah carian kari khas dari Thailand.

Warna hijau pada Kaeng Khiao Wan berasal dari cabai hijau, citarasa nya lebih pedas dibandingkan dengan kari merah.

Selain cabai hijau, bahan yang digunakan yaitu santan, gula aren, pasta kari hijau, saus ikan, terkadang terong.

Sedangkan untuk pasta kari hijau dibuat dari racikan bumbu-bumbu biji jintan, pasta udang, dan garam yang digoreng dengan krim kelapa.

Menu ini biasanya disajikan dengan nasi, mie, ikan atau daging.


5. Kaeng Phet

Varian kari yang juga khas dari Thailand adalah Kaeng Phet atau kari merah.

Kaeng Phet dibuat dari campuran bumbu kari merah, santan, dan daging seperti daging ayam, sapi, atau babi.

Bumbu kari merah secara tradisonal dibuat dengan dihaluskan dan ditumbuk dengan menggunakan ulekan atau cobek.

Bumbu kari merah biasanya terdiri dari campuran cabai merah kering, bawang putih dan merah, lengkuas, terasi, garam, jintan putih, lada, dan sebagainya.

Sedangkan untuk pengolahan-nya, setelah ditumbuk halus kemudian dimasak dalam wajan dengan minyak goreng dan santan kelapa.


6. Khao Soi

Khao Soi atau khao soy adalah hidangan Chin Haw yang cukup populer di Thailand bagian utara.

Khao Soi berarti ‘beras potong’ sebab adonan yang digunakan untuk membuatnya adalah mie beras.

Pengolahan-nya dilakukan dengan cara dikukus menggunakan kain yang direntangkan di atas air mendidih, kemudian dipotong menggunakan gunting.

Ada dua umum versi dari Khao Soi yaitu Lao Khao Soi dan Khao Soi Thailand Utara, dengan campuran berbagai bahan seperti bumbu-bumbu rempah, kari, dan daging seperti daging babi atau sapi, baik dengan menggunakan santan maupun tidak.


7. Guay Teow Rhua

Makanan olahan mie yang juga cukup populer di Thailand adalah Guay Teow Rhua yang berarti bakmie perahu.

Dinamakan bakmie perahu atau Guay Teow Rhua karena pada jaman dahulu banyak yang menjual hidangan ini di atas perahu.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan Guay Teow Rhua adalah darah babi, dengan campuran mie seperti mie biasa, mie kwetiaw, sampai mie bihun, dan di dalamnya digunakan daging babi atau sapi, jeron babi, serta bumbu-bumbu lainnya.


8. Gai Yang

Kai yang atau Gai Yang secara harfiah berarti ayam bakar, merupakan hidangan yang berasal dari daerah Indochina termasuk Thailand.

Hidangan ini seringkali dijajakan pada street food, dan biasa dipasang-kan dengan salad pepaya hijau dan nasi ketan, sayuran mentah maupun dicelupkan ke dalam saus pedas jaew bong.

Berbahan dasar ayam utuh yang dibelah dua dan ditumbuk rata bersama bumbu-bumbu khas, Gai Yang kemudian diolah dengan diasinkan dan kemudian dipanggang di atas api arang untuk waktu yang cukup lama.


9. Khanom Chin Nam Ya

Khanom Chin adalah mie beras tipis khas Thailand berbahan dasar beras yang kadang di-fermentasi selama tiga hari, kemudian direbus dan dibuat bentuk mie berwarna putih dengan tekstur yang lembut.

Khanom Chin Nam Ya dibuat dengan cara menumbuk bumbu, ikan, lalu merebusnya bersama santan menggunakan suhu sedang, kemudian ditambah bola ikan, Khanom Chin, dan terakhir dituangkan bersama kari ikan ke atas piring bersama sayuran segar.


10. Tod Man Pla

Tod Man Pla adalah makanan khas Thailand yang berbentuk mirip dengan kroket yang memiliki arti kue ikan.

Berbahan dasar ikan atau makanan laut dan dibungkus dengan adonan kentang yang kadang dilapisi remah roti, serta diolah dengan cara digoreng.

Ikan yang digunakan sebagai isian adalah ikan kod, ikan haddock, atau ikan salmon.

Selain itu adonannya juga bervariasi mulai dari penggunaan telur, putih telur, atau tanpa telur, penggunaan susu atau air, dan penggunaan tepung atau kentang rebus.

Tod Man Pla biasanya disajikan dengan saus cabai manis dan pasta kari merah dengan citarasa yang gurih, pedas, dan agak manis. (zonamakan)


Share: