Disable Preloader
9 Pos Batas Thailand Selatan Didorong Tingkatkan Nilai Ekonomi

SBPAC bekerja sama dengan Malaysia mendorong pengembangan 9 pos pemeriksaan perbatasan untuk meningkatkan nilai ekspor-impor kedua negara.

Pusat Administrasi Provinsi Perbatasan Selatan (SBPAC) mengusulkan pengelolaan 9 pos pemeriksaan pabean Thailand-Malaysia di provinsi perbatasan selatan untuk meningkatkan nilai ekonomi kedua negara dan kesejahteraan rakyat.

Pada 4 Februari lalu, di Konsulat Jenderal Kerajaan Thailand di Kota Bahru, Sekretaris Jenderal Pusat Administrasi Provinsi Perbatasan Selatan, Somkiat Polprayoon,  memimpin pertemuan membahas dan mengoordinasikan operasi dengan lembaga terkait dalam mengelola 9 pos pemeriksaan pabean Thailand-Malaysia.

Sekretariat SBP mengatakan selama diskusi Pemerintah Thailand telah memberikan prioritas pada pengembangan semua 9 pos pemeriksaan perbatasan dengan harapan menghidupkan kembali ekonomi lokal. Pos pemeriksaan di Provinsi Narathiwat harus dipercepat untuk mendukung pengembangan agar sejalan dengan proyek model kota.

Pos Golok akan didiorong untuk percepatan pembangunan agar siap untuk ekspor produk pertanian. Pos pemeriksaan Buketa akan didorong untuk diselesaikan agar dapat menghubungkan transportasi dan perdagangan barang antara kedua sisi perbatasan, dan pos pemeriksaan Tak Bai harus disesuaikan agar siap untuk untuk mengangkut barang dan makanan laut.

Ada pula kesepakatan bersama tentang operasi membuka pos pemeriksaan 24 jam untuk memfasilitasi dan menciptakan nilai ekonomi di daerah tersebut.

Pihak berwenang Malaysia setuju SBPAC mendorong percepatan pengembangan 9 pos pemeriksaan perbatasan di provinsi perbatasan selatan untuk mendukung pembangunan ekonomi kedua negara.

Share: