Disable Preloader
Bahasa Indonesia akan Jadi Mata Kuliah Wajib di Kampus Thailand Ini...

Tidak menutup kemungkinan, suatu saat Bahasa Indonesia akan menjadi program studi di kampus Thailand ini.

Bahasa Indonesia telah digadang-gadang akan menjadi bahasa internasional sejak beberapa tahun belakangan ini. Usaha tersebut terus tampak dari berbagai kegiatan dan upaya yang dilakukan pemerintah melalui berbagai program. Salah satunya, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). 

Tidak hanya itu, Bahasa Indonesia juga merupakan salah satu mata kuliah pilihan di beberapa universitas luar negeri, termasuk di Khon Kaen University, Thailand. Bahasa Indonesia menjadi mata kuliah pilihan yang berada di bawah ASEAN Language Centre (ALC), Faculty of Humanities and Social Sciences.  

Dalam menjalankan proses perkuliahan, pengajar mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan penutur asli (native) yang merupakan mahasiswa Indonesia yang kuliah di universitas tersebut. Setidaknya ada 4 pengajar dalam setiap semester.

"Saya ingin belajar bahasa Indonesia karena saya suka dengan bahasanya. Selain itu, Bahasa Indonesia juga banyak digunakan di mana-mana terutama di lingkungan ASEAN."


"Saya ingin belajar bahasa Indonesia karena saya suka dengan bahasanya. Selain itu, Bahasa Indonesia juga banyak digunakan di mana-mana terutama di lingkungan ASEAN" tutur Natthida, salah satu mahasiswi Bahasa Indonesia. 

Selain itu, adanya mata kuliah pilihan Bahasa Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pengajarnya. 

"Setelah menjadi pengajar Bahasa Indonesia di sini, barulah sadar betapa bangga memiliki Bahasa Indonesia. Mungkin jika kita berada di Indonesia kesannya biasa saja, namun saat sadar bahwa Bahasa Indonesia eksis di luar negeri, kebanggaan itu bertambah berkali lipat" Ujar Haiyudi, salah satu pengajar Bahasa Indonesia di Khon Kaen University. 

"Selanjutnya, Bahasa Indonesia bukan berarti semata-mata hanya belajar bahasa, namun mata kuliah Bahasa Indonesia juga termasuk memperkenalkan kebudayaan dan hal-hal terkait dengan Indonesia" tambahnya. 

Saat ini, Bahasa Indonesia direncanakan untuk menjadi mata kuliah wajib di Khon Kaen University. Tidak menutup kemungkinan, suatu saat Bahasa Indonesia akan menjadi program studi. Tentunya obrolan dan kesepakatan masih diharapkan terus berlangsung. (Kumparan)

 
 


Share: