Disable Preloader
Guru dan Siswa Terbaik Thailand Selatan Bertemu Perdana Menteri


Sekretaris Jenderal Pusat Administrasi Provinsi Perbatasan Selatan (SBPAC) mendamping guru dan siswa terbaik untuk menerima penghargaan dari Perdana Menteri Thailand Jenderal Prayut Chan-ocha. Guru dan siswa terbaik dari Thailand Selatan ini memperoleh penghargaan pada peringatan Hari Anak dan Guru 2020 di Gedung Thai Koo Fah Gedung Pemerintahan Thailand pada 07 Januari 2020.

Sekjen Pusat Administrasi Provinsi Perbatasan Selatan, Somkiat Pholprayoon, mendampingi Udom Chu-On, direktur Sekolah Ban Chong Maeo, dan Sari Faham Maryid Idrus, siswi kelas 5 di Sekolah Ban Chong Maew, Kecamatan Lahan, Distrik Sai Buri, Provinsi Pattani, untuk bertemu Perdana Menteri Thailand Jenderal Prayut Chan-ocha.

Somkiat Polprayoon mengatakan pada peringatan Hari Anak dan Guru 2020 Perdana Menteri ingin bertemu dan berdialog dengan siswa dan guru di daerah terpencil di Provinsi Perbatasan Selatan. Perdana Menteri ingin berdialog tentang harapan baik untuk pengembangan pendidikan di masa depan bagi anak muda di provinsi perbatasan selatan. Provinsi perbatasan selatan merupakan daerah yang membutuhkan pengembangan di banyak sektor, terutama pendidikan.

Dalam pertemuan tersebut, PM Thailand menyerahkan penghargaan dari Raja Kanittha Thiraj Krom Phrathom Thep Rattanarajsuda Siam kepada guru serta siswa terbaik dari Pattani.  Perdana Menteri Thailand juga mengajak duduk dan berbicara guru dan siswa terbaik dari Pattani tersebut di kantor Perdana Menteri, Gedung Thailand Khu Fah.

Perdana Menteri Thailand bertanya tentang pendidikan dan sekolah di Thailand Selatan. Perdana Menteri juga terkesan dengan banyaknya sekolah di perbatasan selatan yang telah berkembang. Para siswa di perbatasan selatan selain menerima pengetahuan akademis, mereka juga menerima pengetahuan profesional. Para siswa dari latar belakang ekonomi lemah juga dilibakan dan difasilitasi untuk mendapat pendidikan yang terbaik di sekolah.

Sementara itu Udom Chu-On, direktur Sekolah Ban Chong Maew, mengatakan ia merasa terhormat memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-ocha.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Jenderal Provinsi Perbatasan Selatan Thailand untuk pentingnya bekerja dalam peran guru dan siswa di provinsi perbatasan selatan,” kata Udom Chu-On.

Sekolah Ban Chong Maew telah menerapkan dapur sekolah yang sehat dan berhasil. Sekolah tersebut menyajikan menu makan siang bagi siswa dengan bahan makanan organik menyehatkan. Bahan makanan organik diambil dari tanaman sekolah yang ditanam para siswa. Sekolah ini telah mendorong lahirnya  petani muda agar berkreasi dan mempraktikkan bercocok tanam di sekolah. Hasil cocok tanam tersebut kemudian dinikmati oleh para siswa dan guru.

Di sisi lain, Sarif Fah Maryamid Idrus, seorang siswi di Ban Mae Cat, mengatakan ia bangga dan senang bisa bertemu dengan Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-ocha. Ia sangat baik dan memberikan beasiswa untuknya. PM Jenderal Prayut Chan-ocha juga memberikan hadiah padanya bertepatan dengan hari anak 2020. Perdana Menteri berpesan agar ia menjadi anak yang rajin dan tekun belajar, saling membantu antar-sesama teman, serta berhubungan baik dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Share: