Disable Preloader
Kampus Thailand: Sinovac dan AstraZeneca 97% Efektif Tingkatkan Imun

Fakultas Kedokteran Universitas Chulalongkorn melakukan penelitian vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Sebuah studi baru menyoroti keefektifan vaksin Sinovac dan AstraZeneca Covid-19. Hasil studi menunjukkan keduanya cukup efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan terhadap virus Corona.

Fakultas Kedokteran Universitas Chulalongkorn melakukan penelitian yang menemukan satu bulan setelah suntikan pertama AstraZeneca, lebih dari 97% orang telah mengembangkan tanggapan kekebalan. Hasil untuk injeksi kedua belum tersedia.

Tiga minggu setelah suntikan pertama vaksin Sinovac, hanya di bawah 66% orang yang mengembangkan tanggapan kekebalan, tetapi empat minggu setelah suntikan kedua, angka itu melonjak hingga 99,49%.

Tanpa terlalu teknis, jumlah total antibodi Covid-19 dalam plasma manusia diukur dengan Roche Elecsys Electrochemiluminescence Immunoassay dalam sampel darah sebelum dan sesudah masa vaksinasi, bersama dengan kelompok kontrol.

Tes dilakukan sebelum dan 4 minggu setelah injeksi pertama untuk AstraZeneca, dan untuk Sinovac dilakukan sebelum injeksi, 3 minggu setelah injeksi pertama, dan 4 minggu setelah injeksi kedua.

Kedua vaksin tersebut terbukti lebih efektif daripada orang dengan infeksi Covid-19 sebelumnya.

Kedua vaksin tersebut terbukti lebih efektif daripada orang dengan infeksi Covid-19 sebelumnya. Setelah menguji 263 pasien yang terinfeksi Covid-19, lebih dari 92% mengembangkan antibodi yang dibutuhkan setelah terinfeksi Coronavirus.

Beberapa statistik menarik yang muncul dari penelitian ini adalah tentang jenis kelamin dan usia. 100% wanita yang menerima suntikan AstraZeneca berhasil mengembangkan respons kekebalan dan antibodi untuk melawan Covid-19. Namun pada pria, vaksin itu hanya terbukti efektif 93%.

Ilmu vaksin itu kompleks dan studi serta statistiknya seringkali membingungkan. Sementara efektivitas Sinovac dengan tindakan lain kurang dari ideal, studi ini menunjukkan bahwa dalam hal memerangi infeksi Covid-19 baru, Sinovac dan AstraZeneca sangat efektif bila diberikan dengan benar. (Thethaiger)

Share: