Disable Preloader
KNKT: 80 Persen Kecelakaan di Jalan Tol Disebabkan Oleh Ini....

KNKT akan mencari cara bagaimana meyakinkan masyarakat untuk mau naik angkutan umum dalam bepergian jarak jauh.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan sebagian besar penyebab kecelakaan di jalur tol diakibatkan pengemudi lelah atau mengantuk 

“Mengantuk saat berkendara itu merupakan faktor yang cukup signifikan penyebab kecelakaan di jalan tol,” ujar Soerjanto saat memberikan sambutan dalam acara ‘keselamatan jalan tol’ di rumah serba guna Hotel RedTop Jakarra Pusat, Selasa (30/11).

“Kami akan mencari cara bagaimana meyakinkan masyarakat untuk mau naik MRT atau angkutan umum dalam bepergian jarak jauh,” katanya. 


Waktu Kecelakaan

Sementara berdasarkan data dari beberapa perusahaan penyedia jalan tol, Soerjanto merinci, sebagian besar kejadian kecelakaan di jalan tol itu terjadi pada pukul 00:00WIB dini hari hingga pukul 06:00WIB pagi, dan pukul 10:00 WIB, hingga pukul 13:00 WIB.

Soerjanto mengatakan kedua rentang waktu tersebut adalah saat orang yang mengemudi merasa mengantuk hingga tidak dapat berkonsentrasi saat berkendara yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

“Kecelakaan yang akhir-akhir ibu yang kita lihat, Vanessa Angel terjadi sekitar jam 12:00 WIB, memang dari data statistik, jam 10:00 sampai jam 13:00 itu jam ngantuk ngatuk-nya orang di Jalan tol.” ujarnya. 

Kecelakaan akibat mengantuk, kata Soerjanto, tidak hanya berakibat pada kendaraan roda empat, namun juga bisa terjadi pada kendaraan roda dua yaitu sepeda motor. 

Sementara untuk hal paling minimal untuk menghindari kecelakaan di Jalan tol akibat mengantuk, Soerjanto menyarankan untuk para pengemudi yang sudah merasa mengantuk saat berkendara haruslah segera beristirahat. (antara, viva)

Share: