Disable Preloader
PM Tegaskan Thailand Sudah Bantu Pengungsi Myanmar

Pengungsi Myanmar yang terluka telah dikirim untuk menerima perawatan medis di tanah Thailand.

Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha menegaskan Thailand telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Myanmar di sepanjang perbatasan Thailand-Myanmar.

Jenderal Prayut, yang juga menteri pertahanan, memberikan komentar tentang situasi di perbatasan Thailand-Myanmar setelah rapat kabinet pada hari Rabu (7/4) di Gedung Pemerintah.

"Bukan berarti kita tidak peduli jika berbicara tentang kemanusiaan karena ini tentang kehidupan manusia," katanya.

“Pemerintah sudah mengusulkan pedoman untuk menyelesaikan situasi di Myanmar melalui Kementerian Luar Negeri dan Asean yang akan segera bertemu. Kita harus menyelesaikan masalah secara sistematis.

"Karena kedua negara kami bersebelahan, kami tidak dapat mengambil keputusan sendiri. Mengenai kekerasan, kami tidak setuju [dengan itu]."

Jenderal Prayut mengatakan kedua negara sudah memiliki mekanisme, Komite Perbatasan Kotapraja Thailand-Myanmar (TBC), untuk menangani masalah lintas batas.

Dia mengatakan beberapa pengungsi Myanmar yang terluka selama pertempuran di dalam Myanmar telah dikirim untuk menerima perawatan medis di tanah Thailand.

Kepala Biro Imigrasi Sompong Chingduang mengatakan jumlah pengungsi Myanmar di provinsi Mae Hong Son tetap sekitar 2.000.

Kepala Biro Imigrasi Sompong Chingduang mengatakan jumlah pengungsi Myanmar di provinsi Mae Hong Son tetap sekitar 2.000.

Letjen Pol Sompong juga meminta setiap sektor saling bekerjasama untuk menanggulangi penularan Covid-19. Jika situasinya tidak membaik lebih lanjut, ekonomi akan terpengaruh, tambahnya.

Sementara itu, direktur jenderal Departemen Perdagangan Luar Negeri Keerati Rushchano mengungkapkan jumlah pos pemeriksaan perbatasan yang dibuka kembali telah meningkat menjadi 46 dari 97 di seluruh negeri setelah pembukaan kembali enam pos pemeriksaan Thailand-Myanmar sejak 28 Februari.

Pihak berwenang memutuskan untuk membuka kembali pos pemeriksaan perbatasan Ban Ma Muang di Trat dan lainnya di Mae Hong Son - Huai Ton Nun, Ban Sao Hin, Ban Mae Sam Laep, Ban Huai Phueng dan Ban Nam Piang Din. (Bangkok Post)

Share: