Disable Preloader
Thailand Upayakan Beri Vaksin Covid-19 Terbaik Bagi Rakyatnya

Pemerintah Thailand akan berupaya memberikan vaksin Covid-19 terbaik bagi rakyatnya. 

Rakyat Thailand tidak bisa memilih-milih merek vaksin Covid-19 yang diberikan pemerintah. Seperti dilaporkan Bangkokpost, Sabtu (1/5/2021), Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Charnvirakul mengumumkan kebijakan pemerintah tersebut.

Pernyataan Anutin Charnvirakul dilontarkan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas efek samping suntikan yang diberikan di negara tersebut.

Menteri memberikan wawancara kepada pers setelah bertemu dengan perwakilan Sinopharm, produsen vaksin Covid-19 Tiingkok, pada hari Jumat.

Anutin mengatakan pemerintah belum melakukan negosiasi dengan produsen vaksin. Namun proses negosiasi biasanya dimulai setelah produsen vaksin menyerahkan dokumen ke Food and Drug Administration (FDA).

Anutin bersikeras bahwa kementeriannya siap untuk mendaftarkan semua vaksin Covid-19 yang diproduksi dan bahwa pemerintah tidak pernah mencegah pendaftaran vaksin Covid-19.

Pemerintah berupaya agar Sinovac dan Astrazeneca mengajukan jadwal pengiriman vaksin mereka.

"Produsen vaksin belum bisa menjual vaksin dalam jumlah besar ke Thailand karena permintaan yang berubah di negaranya masing-masing," katanya.

Mengenai apakah orang akan dapat memilih vaksin yang mereka inginkan, Anutin mengatakan vaksin mana yang mereka terima akan bergantung pada kesesuaian pasokan masing-masing vaksin untuk kelompok orang yang berbeda.

"Vaksin Pfizer, yang telah diuji dengan anak-anak berusia 12 tahun ke atas, akan diberikan kepada anak-anak berusia 12-18 tahun," katanya.

Sementara untuk vaksin Sinovac yang dosis keduanya ditawarkan hanya tiga minggu setelah yang pertama, akan diberikan kepada tenaga medis, pekerja garis depan dan petugas imigrasi.

"Setiap orang akan menerima vaksin yang dapat diimunisasi dan menyelamatkan mereka secara merata. Saya dapat meyakinkan Anda bahwa setiap vaksin Covid-19 di Thailand diperiksa oleh komite keamanan vaksin," ujar Anutin.

Sementara itu, Moderna yang berbasis di Amerika Serikat sedang berupaya untuk mendaftarkan vaksin Covid-19 di Thailand.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal FDA Paisal Dunkhum mengatakan bahwa Zuellig Pharma Ltd telah menyerahkan dokumen untuk mendaftarkan vaksin, menambahkan FDA akan mendukung permintaan pendaftaran sesegera mungkin.

Jika disetujui, vaksin Covid-19 ini akan menjadi yang ketiga yang disetujui FDA untuk didistribusikan di Thailand. (Bangkok Post)

Share: