Disable Preloader
Tiongkok dan Thailand Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Semua Bidang


Thailand dan Tiongkok sepakat bekerja sama untuk meningkatkan hubungan di semua bidang. Kesepakatan itu diumumkan setelah pertemuan antara Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha dan Song Tao, Menteri Departemen Penghubung Internasional Tiongkok di Bangkok pada hari Kamis (19/9).

Pada kerja sama ekonomi, misalnya, kedua belah pihak berjanji untuk menghubungkan proyek-proyek yang kompatibel, termasuk Koridor Ekonomi Timur (EEC) Thailand dan Wilayah Teluk Besar Tiongkok (GBA).

Di bidang pariwisata, Jenderal Prayut berterima kasih kepada Tiongkok karena mendorong warganya untuk mengunjungi Thailand dan mendukung kerja sama Thailand - Tiongkok.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang-bidang seperti pendidikan, teknologi, dan sains.

Song mengundang pihak Thailand untuk mengunjungi Tiongkok untuk mempelajari kemungkinan bidang kerja sama baru.

Dia juga menyampaikan harapan terbaiknya kepada Jenderal Prayut dari Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang.

Dia mengatakan tujuan utama kunjungannya adalah untuk memperkuat hubungan Thailand-Tiongkok.

Jenderal Prayut juga memberi selamat kepada Tiongkok pada kesempatan peringatan 70 tahun pemerintahan Partai Komunis pada 1 Oktober dan kemajuan pembangunan Tiongkok selama beberapa dekade terakhir.

Song menambahkan, Yang Mulia Putri Maha Chakri Sirindhorn telah dianugerahi Medali Persahabatan oleh Tiongkok.

Medali itu adalah satu dari hanya enam yang akan diberikan kepada orang asing, kata Song.

Kantor Berita Xinhua melaporkan Presiden Xi Jinping pada hari Selasa menandatangani sebuah dekrit untuk mengakui persahabatan orang asing dengan China menjelang peringatan ulang tahun Partai Komunis.

Orang asing lainnya yang akan didekorasi adalah Raul Castro Ruz dari Kuba, Salim Ahmed Salim dari Tanzania, Galina Kulikova dari Rusia, Jean-Pierre Raffarin dari Prancis dan Isabel Crook dari Kanada.

Share: