Disable Preloader
Turis 19 Negara Boleh Masuk Indonesia, Ini Syaratnya...

Wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Indonesia hanya boleh masuk lewat dua bandar udara, per Kamis, 14 Oktober 2021. Keduanya yakni Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, dan Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Riau

"Wisatawan asing masuk ke Indonesia nantinya hanya boleh masuk ke Indonesia dari bandara udara Provinsi Bali dan Kepulauan Riau (Kepri)," kata Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 14 Oktober 2021.

Wiku menyebut dua daerah tersebut akan menerapkan simulasi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di bidang pariwisata. Ia juga meminta kepala daerah setempat dapat mengawasi mobilitas turis asing di wilayahnya.

"Pengawasan mobilitas domestik wisatawan asing di Indonesia akan menjadi tanggung jawab daerah penyelenggara simulasi protokol kesehatan," ucapnya.

Daerah penyangga Bali dan Kepulauan Riau diminta ikut membantu mengawasi mobilitas turis asing. Sehingga, mencegah turis asing melakukan perjalanan lokal melalui jalur ilegal. 


Syarat wisatawan asing boleh masuk Indonesia

Wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Indonesia wajib memenuhi sejumlah syarat. Ini demi mengantisipasi penularan covid-19. 

Berikut syarat yang harus dipenuhi wisatawan asing antara lain;

  • Wajib menunjukkan kartu atau sertifikat telah menerima vaksin covid-19. 
  • Wajib menunjukkan hasil negatif tes Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). 
  • Wajib melampirkan visa kunjungan singkat atau izin masuk lainnya sesuai peraturan perundangan yang berlaku. 
  • Wajib menunjukkan bukti kepemilikkan asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal US$100 ribu. (Mencangkup biaya penanganan covid-19). 
  • Wajib menunjukkan bukti konfirmasi pemesanan dan pembayaran tempat akomodasi dari penyedia akomodasi selama menetap di Indonesia.
  • Wajib menjalani karantina selama lima hari dan melakukan tes RT-PCR kedua dengan hasil negatif. (antara, bnpb)
Share: