Disable Preloader
Waspada! Satgas Sebut Penyintas Covid-19 Masih Berpotensi Terinfeksi Varian Omicron

Wiku mengatakan penelitian terkait varian Covid-19 B.1.1.529 atau Varian Omicron masih terus dilakukan.

Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, menyebut kemungkinan orang yang pernah terpapar Covid-19 dapat tertular lagi dengan munculnya varian Covid-19 B.1.1.529 atau Varian Omicron.

Wiku mengatakan penelitian terkait varian Covid-19 B.1.1.529 atau Varian Omicron masih terus dilakukan.

"Bukti awal menunjukkan mungkin ada peningkatan risiko tertular kembali untuk orang yang sudah mengalami covid-19 dibandingkan varian lainnya," kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presidan, Selasa (30/11/2021). 

Wiku kemudian menekankan bahwa informasi tersebut masih terbatas dan masih menunggu hasil penelitian.

Adapun penelitian tersebut, lanjut dia juga mengkaji terkait dampak Omicron terhadap efektivitas vaksin, testing, dan obat-obatan.

Sebab itu, sebagaian besar negara di dunia, termasuk Indonesia, saat ini juga telah mengambil langkah antisipasi untuk mencegah varian Omicron masuk dan menyebar semakin luas.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan pengetatan pintu masuk Indonesia berlaku untuk seluruh moda transportasi baik udara, laut, atau darat. 

Adapun kebijakan yang diterapkan adalah melarang sementara warga negara asing masuk ke Indonesia yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir di 11 negara.

11 negara yang diblokade itu antara lain; Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambique, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Angola, Namibia, dan Hong Kong. (setkab, antara, kompas)

Share: