Disable Preloader
WHO Belum Bisa Pastikan Karakteristik Covid-19 Varian Omicron

WHO mengaku sedang berkoordinasi dengan jajaran pakar untuk lebih memahami Omicron. 

Organisasi Kesehatan Dunia WHO belum dapat memastikan karakteristik Omicron, apakah varian baru Covid-19 ini lebih menular dari tipe lain atau mungkin bisa memicu gejala-gejala yang lebih berat.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin, 29 November 2021, WHO menekankan kembali bahwa bukti-bukti awal mengindikasikan Omicron dapat memicu terjadinya infeksi ulang di tubuh seseorang yang pernah terjangkit Covid-19.
 
WHO mengaku sedang berkoordinasi dengan jajaran pakar untuk lebih memahami Omicron, termasuk mengenai apakah vaksin-vaksin yang tersedia saat ini masih mampu menghalau varian tersebut.
 
"Saat ini tidak ada informasi yang mengindikasikan bahwa gejala-gejala terkait Omicron berbeda dari varian-varian lain," jelas WHO.
 
"Infeksi-infeksi awal (Omicron) berasal dari studi di kalangan universitas, di kalangan individu berusia muda yang cenderung hanya mengalami gejala ringan.
 
Memahami level keparahan varian Omicron diperkirakan memakan waktu hingga beberapa hari atau pekan," lanjutnya.
 

WHO mengatakan tes PCR masih mampu mendeteksi varian Omicron. 

Studi lebih lanjut sedang dilakukan untuk menentukan apakah kemunculan varian Omicron berdampak terhadap sejumlah jenis tes Covid-19 yang tersedia saat ini.


 

Share: